Niat Zakat Fitrah

Niat Zakat Fitrah - Zakat Fitrah berasal dari dua kata, yakni zakat yang berarti membersihkan, dan fitrah yakni berbuka atau naluri. Zakat Fitrah merupakan amalan yang harus dilakukan setiap muslim yang berpuasa di bulan ramadan agar pahala puasa diterima oleh allah subahanahu wata'ala. Zakat Fitrah bisa dilakukan di awal bulan ramadan dan maksimal sebelum sholat iedul fitri. jika dilakukan setelah iedul fitri maka tidak disebut zakat fitrah, tetapi hanya sodaqoh seperti biasa. Berikut dalil kapan batas waktu zakat fitrah
Niat Zakat Fitrah
Niat Zakat Fitrah | ahlul-sunnah.de

Berikut Dalil tentang waktu pelaksanaan Zakat Fitrah:

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu Beliau berkata "Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan berkata-kata keji. dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (ied) maka zakatnya diterima. dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat (ied) maka itu hanya dianggap sebagai sedekah biasa". (HR. Abu daud No 1609)

Niat Zakat Fitrah

Bagaimanakah Niat zakat fitrah?. Beberapa Ulama berselisih tentang niat zakat Fitrah apakah dilafalkan secara jelas atau cukup dengan niat di dalam hati. Namun, untuk menghindari perselisihan ini. Lebih baik kita lakukan niat zakat fitrah cukup di dalam hati. Karena tidak tidak ada dalil yang shohih yang menjelaskan niat zakat fitrah secara rinci.

Demikian Artikel tentang niat zakat fitrah ini. semga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Read More About This Recipe Click Here