Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Ubi jalar ungu merupakan salah satu dari jenis bahan pangan yang telah menopang kebutuhan hidup masyarakat Polinesia selama berabad-abad. Hal ini karena Ubi ungu kaya akan vitamin dan mineral serta serat yang terkandung di dalamnya. Tapi, Tahukah Anda bahwa selain dijadikan sebagai bahan makanan, ubi ungu juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa macam penyakit diantaranya seperti penyakit diabetes, asam urat, dan peradangan. maka dari itu Baca terus artikel ini untuk mengetahui apa saja sih 11 manfaat ubi jalar ungu yang dapat mengubah hidup Anda.
11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan
11 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Apa itu Ubi Jalar Ungu?
Ubi jalar ungu ( dalam bahasa latin adalah Ipomoea batatas Lam ) yaitu kerabat langsung dari ubi jalar jeruk ( orange) yang terkenal dan berasal dari keluarga yang sama. Perbedaan warna disebabkan oleh adanya zat anthocyanin dan antioksidan sehingga daging ubi berwarna ungu.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Rontok

Asal usul ubi jalar ungu ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi karena ubi jalar ungu ini merupakan jenis tanaman pertanian yang kuat, sehingga produksinya telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk daerah Afrika dan Cina. dan Seiring waktu, berbagai jenis ubi ungu telah dikembangkan termasuk varietas Okinawa, Jepang, Taiwan, dan Stokes.

Nutrisi yang Terkandung di dalam Ubi Jalar Ungu

Sebagai kerabat langsung dari varietas ubi berwarna oranye, ubi jalar ungu kaya akan vitamin esensial (termasuk vitamin A / beta karoten, dan yang membuat tanaman ini lebih penting lagi di daerah yang umumnya kekurangan seperti di Afrika) dan mineral, serta serat yang membantu anda memberikan sensasi kenyang.

Manfaat Kesehatan dari Ubi Jalar Ungu

1) Ubi Jalar Ungu Membantu Mengontrol Hipertensi
Ubi jalar ungu dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah tinggi. Dalam suatu percobaan yang melibatkan 20 orang sukarelawan dengan tekanan darah tinggi, masing-masing diberikan 2 karton minuman ubi jalar ungu yang dijual secara komersial (dengan kandungan 117 mg anthocyanin per porsinya). setiap hari mereka mengkonsumsi minuman ubi ungu itu selama 4 minggu. hasilnya cukup baik, Tekanan darah sistolik turun rata-rata 10 poin, dari 140 menjadi hanya di bawah 130 selama periode 29 hari. Namun, penelitian ini dilakukan hanya pada laki-laki.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

2) Ubi Jalar Ungu Dapat Mengobati Gout
Ubi jalar ungu dapat mengurangi kadar asam urat tinggi yang mampu menyebabkan encok. Dalam sebuah studi pada tikus dengan kadar asam urat darah tinggi, ekstrak antosianin dari ubi jalar ungu menurunkan kadar asam urat darah sebesar 30% . hasilnya, hampir sama dengan kelompok tikus dengan dengan kadar asam urat normal.

3) Ubi Jalar Ungu Memiliki Efek Antioksidan
Antosianin dan polifenol yang terkandung dalam akar dan daun ubi ungu, mampu mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Antosianin dapat mempotensiasi antioksidan lain, dan berfungsi sebagai pemulung radikal bebas .Mereka meningkatkan produksi berbagai enzim antioksidan.

4) Ubi Jalar Ungu dapat membantu Fungsi Hati
Ubi jalar ungu memiliki efek perlindungan yang luas pada hati, sebagian besar melalui antosianin yang ada di akar.

5) Ubi Jalar Ungu Dapat Menurunkan resiko Diabetes
Ekstrak akar dan daun ubi ungu bisa mengurangi gula darah berlebih. Dalam sebuah studi pada tikus dengan diabetes tipe 2, menambahkan ekstrak daun 3% ke makanan mereka selama lima minggu menyebabkan penurunan kadar gula darah. Selain itu, itu meningkatkan kadar GLP-1 (glucagon-like peptide-1), yang membantu menekan kenaikan glukosa darah.

Baca Juga : Khasiat Ampuh Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

6) Ubi Jalar Ungu Memperlambat Penuaan Dini
Ekstrak antosianin dari akar ubi jalar ungu dapat menunda penuaan karena sifat antioksidannya.

7) Ubi Jalar Ungu Memiliki Sifat Anti Kanker
Baik akar dan daun ubi jalar ungu memiliki efek anti kanker. Protein murni dari ubi ungu segar mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. dan ekstrak daunnya tidak hanya menghambat ukuran dan perkembangan sel kanker prostat tetapi juga tidak beracun untuk jaringan tubuh normal.

8) Ubi Jalar Ungu membantu Anti-inflamasi
Ubi jalar ungu memiliki sifat anti-inflamasi dan mengatur kekebalan tubuh.

9) Ubi Jalar Ungu Melindungi serangan pnyakit Galaktosemia
Galaktosemia adalah penyakit yang sering ditemukan pada bayi baru lahir, di mana kekurangan enzim menyebabkan ketidakmampuan untuk memecah galaktosa (gula yang umum ditemukan dalam makanan susu). Makan galaktosa dengan defisiensi ini menyebabkan gagal hati, gagal ginjal, katarak, kejang , dan kerusakan otak, di antara masalah lainnya.

10) Ubi Jalar Ungu Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Selain mengurangi gula darah dan lonjakan insulin, ubi jalar ungu (baik akar dan daun) adalah makanan berserat tinggi. Serat makanan yang tinggi memberikan sensasi kenyang, membatasi keinginan untuk makan berlebihan . Antosianin ubi jalar ungu juga dapat membantu menurunkan berat badan.

11) Ubi Jalar Ungu Mengandung Anti-Mikroba
Akar ubi jalar ungu memiliki sifat antibakteri. Dalam studi pelat pertumbuhan bakteri, ekstrak ubi jalar ungu dilapisi dengan bakteri menular yang umum, termasuk E. coli, Salmonella, Proteus, dan Vibrio parahaemolyticus.

12) Ubi Jalar Ungu Dapat Mencegah Gumpalan Darah
Salah satu turunan asam caffeoylquinic ( asam klorogenik ) dapat membantu dalam mencegah pembekuan darah.


Demikian Artikel tentang Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Sebarkan artikel ini agar keluarga anda bisa menikmati Manfaat Ubi Ungu ini. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Read More About This Recipe Click Here