Khasiat minyak sereh


Khasiat minyak sereh

Dilansir dari situs wikipedia, Serai atau sereh merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk anggota suku rumput-rumputan yang bisa digunakan untuk bumbu dapur serta mengharumkan makanan. Nutrisi  seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi yang terkandung di dalam sereh bisa berguna bagi tubuh manusia. Untuk mendapatkan khasiat dari sereh ini, Anda bisa melakukannya dengan cara memakan makanan ataupun minuman yang dicampur dengan sereh. Andapun bisa menjadikan sereh sebagai minyak aromaterapi yang menenangkan.

Manfaat Sereh untuk kesehatan
Manfaat Sereh untuk kesehatan
Manfaat Sereh untuk kesehatan diantaranya dalah sebagai berikut:
  • Mengatasi gigi berlubang
  • Melawan radikal bebas
  • Mengontrol tekanan darah
  • Meringankan gejala sindrom pramenstruasi
  • Mengatur fungsi otot
  • Mengatasi kecemasan
  • Menurunkan berat badan
  • Selain itu, sereh juga dipercaya mampu mencegah keputihan, meredakan rasa nyeri, memar, demam, batuk-batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut.

Minyak Sereh

Cara untuk mendapatkan minyak sereh bisa diperoleh dengan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Penyulingan dilakukan dengan mendidihkan bahan baku di dalam ketel suling sehingga terdapat uap yang diperlukan untuk memisahkan minyak atsiri dengan cara mengalirkan uap jenuh dari ketel pendidih air (boiler) ke dalam ketel penyulingan.
Khasiat minyak sereh
Khasiat minyak sereh
Minyak sereh yang berkembang di indonesia adalah minyak sereh jenis sereh wangi yang terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. biasanya 30-40 komponen, kandungannya antara lain, alkohol, hidrokarbon, ester, alaehid, keton, oxida, lactone, terpene dan sebagainya. Kandungan bahan kimia dalam minyak sereh wangi cukup komplek, namun yang terpenting adalah sitronellal dan geraniol. Kedua kandungan tersebut menentukan intensitas bau, harum, serta nilai harga minyak sereh wangi di pasaran. Baca Juga : https://www.satumanfaat.com/2019/05/cara-membuat-masker-alami-untuk-memutihkan-wajah-secara-cepat.html

Khasiat minyak sereh

Minyak sereh bisa dimanfaatkan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Nah, seiring berkembangnya zaman, masyarakat cenderung back to nature, salah satu yang digemari adalah minyak sereh wangi. Sereh wangi memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

  • Minyak Sereh Sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Sereh wangi dapat dijadikan sebagai bahan campuran karbol atau pewangi lantai, karena wangi sereh “nyamuk tidak suka”
  • Minyak Sereh Sebagai minyak urut atau pijat. Sereh wangi dikenal juga efektif mengurangi pegal-pegal apabila digosokkan pada bagian tubuh seperti tengkuk, pinggang, punggung, kaki, dan anggota tubuh lainnya. Cara penggunaannya harus dicampur dengan carrier oil seperti coconut oil, olive oil, zaitun, bahkan kalau di kampung-kampung biasanya ditambahkan dengan minyak kelapa sawit saja, itu lho yang buat masak.
  • Minyak sereh Sebagai aromatherapy. Nah, kalau untuk yang satu ini tidak diragukan lagi khasiat dari minyak sereh wangi, selain mengurangi jumlah nyamuk dan serangga di sekitar kita dan keluarga, aromanya pun mampu menenangkan pikiran. Untuk penggunaannya cukup teteskan 10 tetes minyak sereh ke keramik aromatherapy dan ditambahkan 1 sendok air (pemakaian selama 1 jam). 
  • Minyak sereh membantu mengurangi sinusitis. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan bahwa minyak sereh mampu mengurangi gejala sinusitis. Adapun cara penggunaannya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak sereh ke dalam mangkuk yang berisi air hangat, untuk selanjutnya mangkuk tersebut diletakkan didekat wajah agar bisa menghirup uap air yang telah dicampurkan dengan minyak sereh.

Itulah beberapa khasiat terbaik yang diberikan oleh minyak sereh yang anda dapatkan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Read More About This Recipe Click Here